Download Ebook D.N. Aidit - Sejarah Gerakan Buruh Indonesia. pdf – Budaya Baca Online

 Ebook Sejarah Gerakan Buruh Indonesia Karya D.N. Aidit 


Identitas Buku:

Judul Buku                 : Sejarah Gerakan Buruh Indonesia (1905 Sampai Tahun 1926)
Penulis                        : D.N. Aidit
Sumber           : Sumber: Sedjarah Gerakan Buruh Indonesia, D.N. Aidit. Djakarta: Jajasan "Pembaruan", 1952.
Tebal Ebook                : 34 halaman
Ukuran Ebook             :5 mb

Daftar Isi Ebook

KATA PENGANTAR

PENDAHULUAN

BAB I. IMPERIALISME DI INDONESIA

BAB II. TIGA PERTENTANGAN POKOK DALAM TUBUH IMPERIALISME

BAB III. GERAKAN BURUH INDONESIA SAMPAI PEMBERONTAKAN TAHUN 1926

Sekilas tentang Penulis: D.N. Aidit


    D.N. Aidit, atau D.N. Aidit, adalah  pemimpin Partai Komunis Indonesia (PKI), dan kisahnya berakhir dengan tragedi setelah tragedi peristiwa 30 September 1965 (G30S). Orang bernama asli Achmad Aidit ini sudah berbicara sejak kecil. Ahmad dan adiknya dibesarkan dalam Islam sejak usia dini. Setiap hari sepulang sekolah, Anda akan belajar mengaji di bawah bimbingan paman Anda Abdullah Kim. Penduduk desa mengenal Ahmad sebagai anak yang taat yang bisa dengan semangat pergi ke masjid dan mengaji dengan baik. 
    Achmad Aidit atau Aidit, yang kemudian dikenal sebagai D.N., memiliki latar belakang yang baik. Keluarga Edit lahir pada 30 Juli 1923 di Tanjung Pandan, Belitung, dan sangat disegani meski berstatus pendatang. Berdasarkan penelusuran Rosamona  dalam buku Matinja Aidit Marsekal Lubang Buaja (1967), keluarga Aidit berasal dari Sumatera Barat. Sumatera Barat kemudian beremigrasi ke Billiton. Ayah Achmad, Abdullahbin Ismail, dikenal sebagai tokoh agama dan salah satu pelopor pendidikan Islam di Pulau Belitung yang disegani masyarakat. Abdullah juga seorang mantri kehutanan. Seorang Muslim yang taat, ayah Edit memulai dan memimpin gerakan pemuda melawan kolonial Hindia Belanda. Selain itu, pada 10 November 1937, Abdullah menjadi salah satu pendiri kelompok agama yang disebut "Nururu Islam".
    Ahmad, di sisi lain, dikatakan sebagai keturunan bangsawan dari garis  keturunan ibu. Ibunda Aidit, Ayu Mailan,  berasal dari keluarga bangsawan. Ayah Milan, yang dikenal sebagai Ki Agus Haji Abdul Rahman, adalah seorang peziarah dan tuan tanah. Berawal dari Belitung dengan segala kehormatan dan kebijaksanaan latar belakang keluarganya, garis nasib membawa Ahmad alias Dipa Nusantara ke Jakarta sebelum era pendudukan Jepang. Pada saat Aidit akhirnya menjadi ketua panitia pusat PKI, partai  yang dipimpinnya harus mengisi sejarah setelah peristiwa berdarah G30S tahun 1965, namun pada pemilu 1955. Menang. Dari 
     Aidit pergi ke Jakarta dan pada tahun 1940 mendirikan perpustakaan "Antara" di distrik Tanatingi Senen di Jakarta Pusat. Kemudian dia mendaftar di Sekolah Dagang. Ia mempelajari teori politik Marxis melalui Perhimpunan  Sosial Demokrasi Hindia Belanda (kemudian berganti nama menjadi Partai Komunis Indonesia). Dalam kegiatan politiknya, ia juga bertemu dengan orang-orang yang kemudian berperan penting dalam politik Indonesia, seperti Adam Malik, Chairul Saleh, Bung Karno, Bung Hatta, dan Mohammad Yamin. Menurut beberapa temannya, Hatta awalnya menaruh banyak harapan dan kepercayaan padanya, dan Ahmad menjadi murid kesayangan Hatta. Namun baru-baru ini, mereka melintasi ideologi politik mereka.
    Meskipun ia adalah seorang Marxis dan anggota Komunis Internasional, Aidit mendukung Marhaenisme  dan mengembangkan partainya  tanpa menunjukkan keinginan untuk merebut kekuasaan. Sebagai imbalan untuk mendukung Sukarno, ia berhasil menjadi sekretaris jenderal PKI dan kemudian ketua. Di bawah kepemimpinannya, PKI telah menjadi Partai Komunis terbesar ketiga  di dunia setelah Uni Soviet dan China. Berbagai program telah ia kembangkan untuk berbagai kelompok masyarakat seperti Pemuda Rakyat, Gerwani, Barisan Tani Indonesia (BTI) dan Lekra. 
     Selama kampanye pemilu 1955, Aidit dan PKI berhasil memperoleh banyak pendukung dan dukungan dalam program yang buruk di Indonesia. Dalam dekade-dekade berikutnya, PKI mengimbangi unsur-unsur konservatif  antara partai-partai Islam dan militer. Dengan berakhirnya sistem parlementer pada tahun 1957, peran PKI semakin diperkuat oleh otoritas non-parlemen. Selain itu, hubungan yang erat antara Aidit dengan tokoh PKI lainnya dan Presiden Sukarno telah menjadikan PKI sebagai organisasi massa yang sangat penting di Indonesia.

Pendahuluan Ebook Secara Singkat

        Masalah utama masyarakat kapitalis. Masyarakat barang Produk. Hukum ekonomi yang mengatur perkembangan kapitalisme. Era imperialisme dan dampaknya terhadap gerakan buruh. Mengembangkan organisasi kerja di tingkat nasional dan menjalin kerjasama  internasional. Masalah utama masyarakat kapitalis dapat diringkas dalam pertanyaan:  di satu sisi ada orang yang bekerja keras tetapi  tidak mendapatkan hasil yang cukup untuk hidup sebagai manusia,  di sisi lain mengapa ada orang.Apa itu? di sana? Saya hidup sangat mewah dan hampir tidak melakukan apa-apa. Anda tidak perlu bekerja sama sekali untuk mendapatkan kemewahan ini. Atau  dengan kata lain menyimpulkan bahwa: Mengapa beberapa orang mendominasi pekerjaan banyak orang? 
        Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus menyadari esensi kapitalisme. Pertama-tama, kita perlu tahu bahwa kapitalisme adalah masyarakat komoditas. Apa pentingnya sebuah perusahaan perdagangan? Komunitas Komoditi. Tidak dimaksudkan untuk digunakan secara langsung oleh produk yang dihasilkan, untuk memenuhi kebutuhan pribadi, tetapi untuk menguntungkan dan dapat dipasarkan. Oleh karena itu, tujuan pertama bukanlah untuk mencapai tujuan, tetapi untuk mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, tidaklah penting bagi kapitalisme untuk memproduksi barang-barang yang dibutuhkan orang, tetapi penting untuk menghasilkan barang-barang yang memberikan manfaat terbesar bagi mereka. Melanjutkan tujuan komersial ini adalah produksi yang kacau dan  persaingan bebas.
Perkembangan  kapitalisme tunduk pada hukum-hukum tertentu. Adalah kehebatan Karl Marx (1818-1883) yang mampu membuka hukum ekonomi dalam bukunya yang terkenal “Das Kapital”. Penemuan teori nilai lebih  Marx dengan cepat menyoroti masalah yang membingungkan para peneliti pra-Marx, baik ekonom borjuis maupun kritikus sosialis. Karl Marx dan Frederick Engels (18201895)  menemukan "hukum pergerakan" kapitalisme dan menjelaskan bentuk dan efek sistem kapitalis dalam banyak buku mereka. 
     Pada pertengahan abad ke-19, bisnis milik keluarga digabung menjadi satu di negara maju, membuka jalan bagi industri skala besar. Modal untuk industri sudah mulai menyatu dengan modal: bank-bank yang menghasilkan modal finansial. Oleh karena itu, modal finansial merupakan gabungan dari modal bank dan modal industri. Kapitalisme yang telah mencapai perkembangan di atas disebut imperialisme. Oleh karena itu, kebenaran kekaisaran tidak lain adalah kapitalisme. Ia telah mencapai tingkat tertinggi dan membawa kapitalisme lebih dekat ke kuburnya, tingkat  di mana  bank dan modal industri tumbuh bersama untuk membentuk modal keuangan. 
     Selama era imperialis, anggaran dunia dikendalikan oleh sistem ekonomi tunggal. Dalam satu anggaran dunia ini, terdapat kelompok-kelompok negara yang berbeda yang saling berkonflik memperebutkan wilayah, sumber bahan baku, dan konflik pasar. Era imperialis memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan gerakan buruh. Pertama, kemajuan industri skala besar telah menciptakan lebih banyak pekerja dan mempermudah pengorganisasian organisasi pekerja pada basis kelas yang lebih luas. Pekerja sekarang perlu menghadapi organisasi perusahaan nasional besar sehingga mereka tidak harus berurusan dengan individu. Satu-satunya organisasi yang dapat secara memadai melindungi kepentingan pekerja adalah organisasi serikat pekerja yang terorganisir secara nasional (termasuk yang nasional), dan pada saat yang sama memperluas jangkauan mereka melintasi batas negara. Yang terakhir ini penting karena di era imperialis, keuangan dunia diatur oleh  sistem ekonomi.

Download ebook :


Download ebook "D. N. Aidit - Sejarah Gerakan Buruh Indonesia!" ini yaa dibawah ini. Tinggal klik download aja yaa.

Silahkan mencoba.
(Jika terjadi kesalahan atau kegagalan dalam mendownload, cobalah dengan mengganti server download anda:)
KLIK DIBAWAH INI UNTUK MENDOWNLOAD FILE PDF :

 Versi I
Versi II
Versi III
Note :
“ Jika ada yang keberatan dengan publikasi buku tertentu dalam situs kami ini (Mengenai hal hak cipta dan lain hal sebagainya) mohon hubungi kami langsung melalui form Hubungi Kami. Maka kami akan segera menghapusnya dari situs kami...”


Atas perhatiannya kami ucapkan Terima kasih dan salam hangat.

Baca Juga

Post a Comment

0 Comments