Download Ebook Kesekretarisan Sekretaris pdf

Download Ebook Kesekretarisan pdf


Kesekretarisan

Identitas buku :

Tim penulis buku Kesekretarisan: 
  • Ketua/Penanggungjawab : Dr. Sheddy N. Tjandra, M.A. (Universitas Indonesia) 
  • Anggota : May Yulianingsih, S.Pd. (SMK Prisma, Depok), Dear Liana, S.Pd. (SMK YPPD, Depok), Ir. Royhan Benasetya (SMK Prisma, Depok), Meirianti, S.Pd. (SMK Fajar, Depok), Dewi Achniasari, A.Md. (SMK Prisma, Depok), dan Ike Iswary Lawanda, S.S., M.Hum (Universitas Indonesia) 
  • Editor : Dra. Siti Aisyah, M.M. (ASMI Jakarta)
  • Tebal buku : 206 Halaman
  • Size buku : 5 mb.

Pendahuluan 

Buku ini berjudul "Kesekretarisan," sehingga pada pandangan pertama tampak seperti buku yang membahas materi tentang profesi sekretaris. Akan tetapi, sebenarnya buku ini lebih berfokus pada materi administrasi perkantoran. Oleh karena itu, materi tentang profesi sekretaris hanyalah salah satu aspek yang dibahas dalam buku ini. Penulisan buku ini didasarkan pada 18 kompetensi yang ditetapkan sesuai kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2004 untuk Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Kompetensi-kompetensi tersebut dijadikan sebagai panduan utama dalam menyusun isi buku ini. Berikut adalah daftar ke-18 kompetensi yang menjadi acuan dalam kurikulum tersebut:
  1. Bekerja sama dengan kolega dan pelanggan. 
  2. Mengikuti prosedur keamanan, keselamatan, dan kesehatan kerja. 
  3. Berkomunikasi melalui telepon. 
  4. Menggunakan peralatan kantor. 
  5. Merencanakan dan melakukan pertemuan.
  6. Melakukan prosedur administrasi.
  7. Mengikuti aturan kerja sesuai dengan lingkungan kerja.
  8. Menjaga dan melindungi budaya kerja.
  9.  Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen.
  10. Menangani surat masuk dan keluar. 
  11. Membuat dan menjaga sistem kearsipan untuk menjamin integritas. 
  12. Mencatat dikte untuk mempersiapkan naskah. 
  13. Menghasilkan dokumen sederhana. 
  14. Menciptakan dan mengembangkan naskah untuk dokumen. 
  15. Mengatur perjalanan bisnis. 
  16. Memberikan pelayanan kepada pelanggan. 
  17. Mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi. 
  18. Memproses transaksi keuangan. 
Berdasarkan silabus 18 keterampilan yang ditentukan, buku ini secara komprehensif mengulas berbagai dokumen perkantoran yang relevan dengan tiga kategori karir kesekretariatan, manajer kantor, dan petugas administrasi. Materi yang dibahas meliputi berbagai aspek, seperti perkantoran, organisasi, manajemen kantor, fasilitas kantor, tata ruang kantor, organisasi kantor, perencanaan kerja, efisiensi kerja, efisiensi, proses kerja, sistem kerja, hubungan kerja, kepemimpinan, anggota, keamanan, keselamatan kerja , kesehatan kerja dan keahlian masing - masing jenis pekerjaan .

Selain itu, buku ini juga secara khusus menyebutkan 3 jenis profesi: profesi kesekretariatan, profesi manajemen perkantoran, dan profesi staf administrasi. Penekanan ditempatkan pada keterampilan khusus yang dibutuhkan sekretaris, manajer kantor, dan staf administrasi dalam pelaksanaan tugasnya. Selain itu, buku ini juga membahas tentang etika kesekretariatan, empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh tiga kategori pekerjaan, pengarsipan dan pengarsipan, serta dasar-dasar utama akuntansi dan keuangan. 

Salah satu bahasan yang menarik dalam buku ini adalah tentang materi korespondensi. Di sini, buku ini membahas tentang korespondensi dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Jepang. Hal ini menjadi relevan karena penggunaan korespondensi bahasa Jepang telah meningkat pesat akhir-akhir ini, terutama seiring berkembangnya hubungan bisnis antara Indonesia dan Jepang.

Keberadaan bahasan tentang korespondensi bahasa Jepang dalam buku ini menjadi nilai tambah yang signifikan. Dengan adanya pembahasan ini, pembaca akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih komprehensif dalam menghadapi situasi bisnis dengan mitra dari Jepang. Kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa Jepang akan membuka peluang lebih banyak dalam berbisnis dan meningkatkan efektivitas kerja dalam lingkup internasional.

Buku "Kesekretarisan"  ini menjadi sumber referensi yang berharga bagi para calon sekretaris, manajer kantor, dan pegawai administrasi yang ingin mengasah keterampilan dan kompetensi dalam bidang perkantoran. Selain itu, bagi para profesional yang sudah berpengalaman, buku ini juga bisa menjadi panduan untuk memperbarui pengetahuan dan meningkatkan kualitas dalam menjalankan tugas-tugas pekerjaan sehari-hari.

Dengan demikian, buku ini tidak hanya memberikan wawasan tentang perkantoran secara umum, tetapi juga menekankan pada kebutuhan khusus dalam tiga jenis profesi yang menjadi target pembacaannya. Selain itu, pembahasan khusus tentang korespondensi bahasa Jepang menambah nilai lebih bagi buku ini sebagai sumber referensi yang relevan dan aktual dalam dunia bisnis dan administrasi internasional. Sementara itu, bobot materi yang diajarkan, diserahkan sepenuhnya kepada sekolah dan tenaga guru yang ada di masing-masing sekolah. 

Berdasarkan 18 kompetensi yang ditentukan di dalam kurikulum dan isi materi, buku ini bertujuan mencetak tenaga lulusan yang nantinya sanggup dipekerjakan sebagai: 
  1. Sekretaris, yaitu sekretaris organisasi atau sekretaris kantor, atau sekretaris perorangan pimpina, atau sekretaris pribadi tokoh masyarakat;
  2. Manajer kantor, yaitu pimpinan sebuah kantor administrasi baik pemerintah maupun swasta, kantor lembaga pemerintah maupun kantor badan usaha swasta;
  3. Pegawai administrasi yaitu karyawan kantor yang menangani urusan administrasi perkantoran, baik pemerintah maupun swasta. Delapan belas kompetensi yang ditentukan di dalam kurikulum tersebut, kemudian diramu menjadi materi pelajaran sebanyak 12 bab. 
  • Bab I : Pendahuluan 
  • Bab II : Organisasi dan Kantor 
  • Bab III : Sarana Kantor 
  • Bab IV : Organisasi Dalam Kantor 
  • Bab V : Perencanaan Kerja Kantor, Efisiensi Pekerjaan, dan Kerja Sama. 
  • Bab VI : Tata Kerja, Sistem Kerja, Hubungan Kerja dan Kepemimpinan 
  • Bab VII : Keamanan, Keselamatan, dan Kesehatan kerja 
  • Bab VIII : Profesi Sekretaris, Manajer Kantor, dan Pegawai Administrasi. 
  • Bab IX : Kompetensi Khusus dan Moral Sekretaris 
  • Bab X : Empat Kemahiran Bahasa 
  • Bab XI : Mengelola dan Menjaga Sistem Kearsipan 
  • Bab XII : Proses Transaksi Akuntansi 
  • Bab XIII : Keterampilan Komunikasi dan Korespondensi.

Komentar :

Nah itulah yang telah disebutkan diatas ada berupa identitas buku dan juga pendahuluan buku tersebut dibuat. Buku ini juga sangat cocok buat kalian yang ingin mendalami atau ingin belajar di bidang kesektariatan mulai dari awal atau jilid satu sampai akhir. Okee biar langsung cepet bisa dan biar gak kepo lagi sama isi buku ini atau ebook ini. Silahkan di unduh bukunya dibawah ini. Tinggal klik download saja.

Download Ebook Kesektariatan pdf.

Server 1 : DOWNLOAD
Server 2 : DOWNLOAD
Server 3 : DOWNLOAD
Baca Juga

Post a Comment

1 Comments